Thursday, December 21, 2006

Gempa lagi....

Hari Selasa malem kemaren kita semua dikejutkan dengan adanya gempa *..lagi*. Kebetulan malem itu aku tidur agak telat. Sebelumnya aku harus mindahin Kori ke kamar laen, karena kebetulan Mamat pengen tidur deket adiknya… Padahal kalo mereka berdua tidur deketan… bed ukuran 180x200 jadi terasa sempit karena si Mamat kalo tidur kakinya kesana kemari. Seringnya sih adiknya ketimpa dia.. jadi harus berkali2 aku betulin posisinya. Maka itu, dari pada terjadi sesuatu… aku pindahin aja Kori ke kamar laen. Nah pas aku selesae mindahin Kori sekitar hamper jam 12 malem…. kejadian deh gempa. Katanya sih 2.5 SR, selama 30 detik. Tapi kok terasa kenceeeeng dan lamaaaaa banget gitu. Jadi kebayang lagi deh kejadian 27 Mei kemaren. Gimana kita yang panik banget begitu ada gempa.
***

Dahulu kala *27 Mei 2006 ding* sekitar jam 6 pagi. Suami baru buka pintu pagar *mo nganter Mamat sekolah karena harus latihan renang dulu* Mamat pun didepan rumah, siap berangkat. Aku baru masak didapur. Sementara itu Kori masih tidur.. karena malemnya sempet rewel sampe jam 5 pagi *kerasa bakal ada sesuatu kali ya..*. Tiba-tiba bumi bergetar hebat… aku langsung lari kekamar mo angkat Kori keluar. Tapi selalu saja aku jatuh dan gak bisa bangun. Akhirnya aku cuma diem di bed *gak bisa keluar…gak bisa lari....mo berdiri… jatuh..mo berdiri…jatuh lagi* sambil dekap Kori biar gak kejatuhan sesuatu. Aku udah merasa ni rumah roboh deh. Akhirnya suami masuk kamar sambil narik aku keluar. Nyampe depan pintu ee… suami ketimpa list plafon rumah. Begitu kita di luar … otomatis kita seharian di pinggir jalan terus…gelar tikar.. gak berani masuk rumah. Sampe ada ibu2 kebelet ke kamar kecil… gak berani masuk… sama suaminya dibilang “udah dikebon aja situ… jadi ketawa kalo inget*. Kalo aku sih tak berani2-in masuk rumah. Walaupun tiap 5 menit sekali terjadi gempa susulan. Aku kan harus matiin kompor, karena barusan aku masak. Untung gak kenapa2 itu kompor. Udah gitu kita dikejutkan adanya isu tsunami… katanya aer laut udah nyampe Malioboro. Padahal kalo dipikir, gempa aceh dulu tsunaminya “cuma” radius 5 km dari pante. Kota Jogja, ke pante 30 an km dan dari kota ke rumahku 10 km an. Tapi namanya orang panik ya… jaranglah yang bisa berpikir logis… semua pada lari keatas (kearah Merapi). Padahal bersamaan dengan gempa, Merapi pun lagi dalam kondisi bahaya. Jalan depan rumah sampe padat banget. Mobilku yang sengaja di parkir dipinggir jalan *biar cepet lari kalo ada sesuatu*, dipukuli orang karena dianggap menghalangi jalan.
Aku jadi panik juga. Pokoknya di mobil udah siap baju2 kami berempat dan kebutuhan mendesak, seperti makanan kecil d
an minuman serta surat2 berharga. Nah.. dalam kondisi genting itulah aku jadi inget kalo punya sodara di deket pante Parangtritis dan Samas. Kebetulan juga pas aku telp kok langsung nyambung *padahal abis itu sempet susah komunikasi*. Katanya gak pa2 kok dipante. Aku dan suami pun teriak2… memberitahu biar orang yang berlarian gak usah panik. Tapi hasilnya … aku malah dimarahin sama mereka2…nasib…nasib. Akhirnya kami sekeluarga cuma bengong liat orang berlarian. 2 jam kemudian terbukti gak terjadi apa2 dan orang2 pun pada balik ke rumah. Ternyata yang bikin orang panik adalah pipa air utama di kota pecah dan air meluber kemana2.
Untunglah kita sekeluarga selamat *karena banyak yang jadi korban dari luka ringan, berat, bahkan …. meninggal*. Untung juga rumah kita gak roboh… walaupun retak besar sana-sini *tu … potonya*. Keluarga di Bantul * Parangtritis dan Samas* juga selamat, walaupun rumah mereka 100% roboh.
Sampe saat ini gempa susulan masih terus ada. Seringnya sih kita semua tidur… jadi gak kerasa *bikin tambah lelap tidur kali…serasa diayun ..hi…hi*. Kok malam itu pas tidur telat ya… jadi terasa banget.

No comments: