Monday, September 01, 2014

Hobi

Hobiku sebenernya memasak, tapi berubung waktunya yang nggak memungkinkan, terpaksa keinginan tersebut jarang terekspose dengan baik. Artinya, masak juga sih tiap hari, tapi nyari yang sesimpel mungkin, secepat mungkin dan yang seawet mungkin. Yang bisa dimakan dari pagi sampai sore.
keluargamuslim.blogspot.com
Well, ini masakan minggu ini yang sempat didokumentasikan. Eh..maaf menu mangut ikan sembilang bukan aku yang masak ding, tapi dikasih sama temen kantor. Oleh-oleh dari Semarang katanya. Satu lagi menu yang belum terpublish pada gambar diatas... pepes ikan gabus.
keluargamuslim.blogspot.com
Menu ini sebenernya aku yang kepingin. Waktu ke pasar, kok tiba-tiba kepingin ikan non laut, secara semua ikan laut yang dibeli. Ternyata durinya juga harus hati-hati nih.

Monday, August 25, 2014

Semangat

Sudah dua minggu ini Kori ikut kegiatan ekstrakurikuler. Awalnya dia pilih futsal dan renang. Tapi... minggu kedua kemaren tiba-tiba dia ikut kegiatan Sains Club. Kori sangat antusias sekali cerita tentang eksperimen pertamanya. Sepertinya eksperimen tentang warna. Soalnya dirumah dia coba lagi dengan menggunakan isi spidol. Waktu aku tanya "Kok...tangannya ungu semua". Dia jawab "Ungu itu gabungan dari warna ini dan ini (sambil nunjuk spidol)"
Beralih ke urusan menu makanan. Minggu ini aku coba krupuk baru, yang kayaknya rasanya enak deh. Mereknya Elis Bandung.
Segini cuma bayar 15 ribu. Nanti kalo habis tinggal refill aja kalau penjualnya lewat lagi. Minta tolong tetangga buat refillnya.
Menu berikutnya gulai ikan bandeng. Ini menu kesukaan suami. Kalo kita-kita agak kurang suka. Soalnya durinya itu lho...bikin ribet.
Bumbunya: bawang merah+putih, kunyit, jahe, mrica dan ketumbar dihaluskan. Ditumis dulu sampai harum, terus tambahkan santan + lengkuas dan serai digeprek serta daun salam+daun kunyit. Oh iya..jangan lupa air asem dan gula merah. Lebih seger lagi ditambahkan potongan tomat hijau + rabe rawit utuh. Kalo punya anak kecil, sayur harus nggak pedes, sehingga karena malas bikin sambal maka tinggal masukin cabe rawit utuh aja.
Kalo anak-anakku paling suka yang namanya tahu kecap. Simple banget, tahunya dipotong dadu, lalu digoreng kering. Bumbunya cukup bawang merah+putih, bisa diiris atau ditumis... terus tambahin kecap... Jadi deh....
Kalo sayurnya sih seperti biasa yang simpel-simple... tumisan. Kali ini kacang panjang dan tauge. Bumbunya juga simpel, bawang merah+putih+cabe merah, semua diiris tipis.
Menu berikutnya... Rawon special... Sebenernya stok dagingnya sudah ada sejak sebelum lebaran. Baru sempat masak, soalnya masak daging agak ribet, pake direbus agak lama dan dipotng-potong dulu. Pengalaman, kalo dipresto jadi nggak gurih dagingnya, lebih gurih direbus pake api kecil, tapi agak lama.
Ini penampakannya. Bumbunya: bawang merah+putih, kunyit, jahe, merica, ketumbar dan terasi. Tambahkan keluwak, haluskan bersama bumbu, lalu tumis terlebih dahulu. Masukkan juga daun jeruk, serai, lengkuas dan daun salam. Enaknya sih pake daun bawang merah goreng, tapi karena disini susah nyarinya, bisa diganti dengan daun bawang prei, diiris halus dan ditumis. Eh..jangan lupa juga air asem. Seperti biasa di kasih cabe rawit, karena malas bikin sambel. Cocoknya sih sama sambel trasi.

Enaknya dimakan sama tauge pendek dan telor asin. Tapi brubung tadi pagi tergesa-gesa, terpaksa pelengkapnya nggak dipake.