Tuesday, November 18, 2014

Sayur Menir

Sayur menir sangat populer di sebagian wilayah Jawa Timur. Bumbunya praktis, hanya ulekan bawang putih+merah ditambah dengan jagung manis disisir. Biasanya sayurannya pake daun kelor, tapi karena disini susah nyari daun kelor, bisa diganti sama bayam. Tambahkan juga kemangi, yang bikin sayur tambah wangi dan gurih.
keluargamuslim.blogspot.com
Salah satu lauk yang cocok untuk teman sayur menir adalah teri basah goreng tepung. Bikinnya juga gampang, tinggal dibalut sama tepung bumbu, lalu digoreng kering. Cocok juga buat cemil-cemil. Nggak heran kalo lauk ini termasuk dalam kategori lauk yang cepet habis, dua jagoanku suka banget.
keluargamuslim.blogspot.com
Karena sayurnya gurih, maka jelas perlu banget yang namanya sambel. Bikin sambel terasi cocok banget. Banyakin bawang merahnya. Pakai kombinasi cabe kriting dan cabe rawit. Tambahin juga perasan jeruk sambel.
keluargamuslim.blogspot.com
Sayur menir + teri tepung + sambel trasi. Wuihh, bikin makan terasa nikmat banget. Selesai makan aja, tangan masih gak berhenti cocolin teri ke sambel.



Thursday, October 09, 2014

Credit (Part I)

Ini kisah tentang tanaman-tanaman yang mendukung hobi memasakku. Secara, tanaman-tanaman ini aku tanam sendiri di kebon belakang rumah yang tidak terlalu luas, bahkan kadang aku letakkan juga dihalaman depan.
keluargamuslim.blogspot.com
Salah satu jenis tanaman yang sering terpakai ya ini nih...daun salam. Banyak banget masakan yang menggunakan daun ini. Dulu ditanam di pot, tapi setelah perluasan rumah kita selesai, langsung deh sama suami dipindah ke tanah. Nggak pake pot lagi. Nggak terlalu tinggi sih, tapi daunnya rimbun banget, sampai-sampai harus kita pangkas. Daun yang dipangkaspun nggak dibuang, tapi aku petiki dan aku simpan di kulkas, masih bisa dipakai kok.
keluargamuslim.blogspot.com
Taneman berikutnya adalah kunyit. Sebenernya yang paling sering dimanfaatkan dari taneman ini adalah daunnya. Kalau kunyitnya sendiri masih beli dipasar. Soalnya nyari daun kunyit dipasar susah aliyas nggak ada. Kalau aku lagi masak gulai ikan, pastilah make daun ini. Masak rendang waktu lebaran kemaren juga. Di dekat kunyit, aku juga nanem jahe dan kencur. Bumbu umbi-umbian ini hanya terpakai kalau kebetulan persediaan kosong, sementara mau belanja waktunya tanggung.
keluargamuslim.blogspot.com
Salah satu taneman yang nggak sengaja ditanem ya cabe kriting ini. Tumbuh sendiri dari buangan biji cabe, yang akhirnya oleh suami dipindahin di pot. Masih ada satu pohon lagi tersisa, aku pindahin di depan rumah. Yang di pot malah kriting semua daunnya, sehingga terpaksa kita buang, sementara yang didepan rumah berbuah dengan lebatnya. Dua minggu terakhir ini aku nggak beli cabe kriting. Lumayan lah....