Saturday, May 12, 2007

Ortu

Beberapa hari yang lalu aku telpon ibu dan bapak di Lamongan. Seperti biasalah… cerita-cerita, tentang keadaan.. sehat-sehat kah.. nanyain anak-anakku bagaimana keadaannya. Udah bisa apa si Kori. Gimana sekolahnya Mamat. Dll..khas …seperti kalo kita saling nelpon hari-hari sebelumnya.
Namanya juga ortu yang tinggal sendirian. Ketiga anak-anaknya semua merantau. Kakakku yang pertama di Lampung. Aku di Jogja dan adikku di Jakarta.
Waktu aku nelpon kebetulan bulikku *Bulik Tut* yang tinggal di Madiun juga sedang jalan-jalan ke Lamongan, karena ada liburan sekolah *ibuku bersaudara semua menjadi guru*. Ibuk sempet nanya juga kabar aku dan suami…soalnya sebelumnya suami nelpon ibuk..dan gak tau ngomong apaan ternyata sambil cerita tentang sesuatu yang menyenangkan bagi blio yang berkaitan dengan aku. Mungkin ibu perlu penjelasan lebih lanjut terus blionya nelpon aku. Sebenarnya aku gak tertarik kalo ngomongin seperti itu…. Maka aku berusaha ngeles tiap kali ibuk nanya.
Sampe kemudian bulik Tut mengomentari. Mbok ya sama ortu jangan gitu. Kalo kamu mendapatkan suatu kebahagiaan, share dong sama ortu. Biar ortu seneng. Ibaratnya kalo kamu sekarang beli piring baru… ceritakan ke ortu. Sambil cengengesan aku njawab… O...iya.... kemaren aku habis beli serok penggorengan…soalnya yang lama udah peyote-peyot karena dipake mainan Kori…mana dibanting-banting lagi. Abis itu kita bertiga ketawa di telpon.
Mungkin gitu kali ya..namanya orang tua, selalu pingin tau kejadian apa saja yang lagi dialami oleh anak-anaknya. Apakah itu kejadian senang…..maupun yang susah. Cuma kadang kalo untuk kejadian yang susah…yang sekiranya gak menyenangkan…. apapun itu….. aku sama sekali gak pernah cerita ke ibuk.
Seperti dulu waktu Kori sakit .... sampe harus opname di RS selama hampir 1 minggu *karena diare* Sama sekali aku gak memberitahu ibukku. Blionya kalo mendengarkan yang seperti itu pasti udah pusing kepalanya. Jadi kita cerita jauh hari setelah Kori sembuh.. itupun gak sengaja.
Waktu aku melahirkan Kori dan harus cesar aja..... blio sepanjang perjalanan ke Jogja udah gak garu-karuan pikirannya. Padahal kita ngasih kabar setelah aku keluar dari kamar operasi…artinya semua telah beres…..res…... Aku dan Kori sehat-sehat aja gak kurang suatu apapun.
Kejadian menyenangkan yang aku certain ke ibuk cuma beberapa….. gak semua, apalagi kalo kejadian yang susah. Pasti cukup aku dan suami aja yang tau. Back ke telpon-telponan. Abis itu ibuk juga sempet bilang kalo bentar lagi bapak mo ke Jogja setelah semua urusan persawahan dan perkebonan beres. Aku nanya…...kapan...… Kata ibuk ya belum pastilah. Terus aku pancing… kalo bapak gak jadi ke Jogja ya… biar kita yang ke Lamongan. Langsung ibuk seneng sekali sambil bilang…...mbok pulang tu nduk…...aku kangen sama anak-anakmu….kan tanggal 17 merah dan tanggal 18 cuti bersama….. *gitu ya kalo pns…... apal semua liburan..hihihi…* Memang tanggal tersebut suamiku juga libur dan cuti bersama, kalo kantor aku kabarnya gak…. *nasib…nasib*. Sekolahnya Mamat sih belom ada kabar, tapi biasanya kalo seperti itu juga libur. Maka aku udah merencanakan walopun kantor aku gak libur...... aku bakalan meliburkan diri. Biar kita sekeluarga bisa ke rumah mbah uti dan mbah kakung di Lamongan. Semoga aja terlaksana….. Liburan yihuiiiii...… Seneng banget….

No comments: