Monday, May 21, 2007

Liburan

Nyampe Solo jam 6 pagi

Main Layangan di jalan depan rumah

Main di halaman depan rumah Mbah Uti/Kakung

Lihat sawah di deket rumah

Hutan Saradan waktu balik ke Jogja

Mampir makan waktu balik ke Jogja

Karena sekolah Kakak Mamat juga libur maka jadi juga deh akhirnya aku meliburkan diri…. dalam rangka menemani suami dan anak-anak liburan. Tujuan kita tak lain dan tak bukan adalah ke Lamongan. Sebelumnya aku udah pesen sama Wati agar dia nengokin rumah tiap pagi dan sore….buat ngasih makan ikan-ikan di kolam dan juga burung kakaktua. Biar dia gak capek maka kita suruh dia bawa sepeda Kakak Mamat.
Malemnya aku segera siapin semua keperluan yang harus dibawa. Bukannya apa-apa….pergi dengan membawa anak kecil tentunya lebih banyak barang yang harus disiapin, apalagi kita rencana mau berangkat habis sholat shubuh, biar bisa nyampe sebelum dzuhur. Kalo perlengkapan aku dan suami sih gak banyak……..soalnya di Lamongan ada beberapa potong baju yang sengaja kita tinggal, biar kalo mudik gak kerepotan bawa pakaian. Yang banyak ya punya Kori mulai dari baju-baju dia, mainan buat di jalan, susu buat dijalan…….sepeda Kori pun gak ketinggalan dibawa. Gak lama kok persiapannya…..semua udah beres dan udah dimasukin ke mobil. Oleh-oleh buat Uti dan Kakung mana…….Sebenarnya nih kita kalo pulang gak pernah bawa apa-apa, soalnya Uti dan kakung juga gak demen oleh-oleh dalam bentuk apapun makanan atopun barang *jangan-jangan kitanya yang pelit….hihihi*. Kadang kita juga siapin sih…tapi karena ini mo berangkat pagi-pagi, dan sebelumnya gak sempet belanja maka ya……udahlah.
Paginya seperti biasa Kori bangun jam 4 pagi, langsung ribut dan bangunin kita semua *emang sehari-harinya juga gitu* Begitu adzan Shubuh kita bergegas sholat dan mempersiapkan diri. Jam 4.45 pagi kita meninggalkan rumah. Pagi yang seger sekali nampaknya, perjalanan kita jadi tambah menyenangkan. Gak berapa lama Koripun tertidur. Jam 7.30 pagi kita nyampe Ngawi dan istirahat sebentar buat sarapan pagi. Aku dan suami pilih rawon, sementara Kakak kesukaannya ayam bakar. Abis makan kita santai sebentar sambil nunggu Kakak ke toilet.
Gak lama kemudian kita melanjutkan perjalanan kembali dan jam 10.30 pagi kita nyampe di rumah Mbah Uti dan Kakung. Langsung deh blio berdua rebutan ngajak Kori…..hihihi….. Sorenya kita main ke tempat Bulik Mur/Lik Pa *Lik Pa ini adik ibuku* Nyampe disana kita langsung menjajah tokonya bulik….tapi emang disuruh kok. Berhubung capek banget aku dan suami malemnya manggil tukang pijit yang biasanya *pokoknya mijitnya enak banget deh…*
Hari berikutnya kita ke rumah Bu Mar/Pak Broto. Beliau ini temen seperjuangan ibu yang sudah seperti keluarga sendiri. Pulangnya dibawain makanan banyak banget, soalnya barusan mereka menikahkan anaknya yang pertama. Wuahhh…..kalo emang udah rejeki gak bakal lari kemana. Sorenya kita pergi makan bareng-bareng ke Sate/Gule Sopyan di Babat. Gak tau ya…perasaan kok gak ada sate/gule yang seenak ini. Ampe merem melek deh pokoknya.
Hari berikutnya lagi kita gak kemana-mana, karena ternyata Bulik Tut/Om Juari dari Madiun juga dateng ke Lamongan. Maklumlah ibuku anak tertua jadi sering didatengin adik-adiknya. Kegiatannya ya….ngerumpiiii…..ibu-ibu ngerumpi bareng ibu-ibu dan bapak-bapak juga demikian. Sorenya kita sepakat buat makan di luar bareng-bareng. Kemanakah gerangan? Karena bulik juga seneng sate/gule Sopyan….maka kita kesana lagi deh. Apalagi suamiku juga pingin ngrasain lagi….dasaaarrr. Padahal aku kepingin banget beli rujak petis. Yah….rujak petis terlewat deh kali ini. Kalo Kakak Mamat dan ibuk emang kurang suka…jadi mereka cuma ngikut jalan aja.
Selama di Lamongan Kakak Mamat jarang makan di rumah….. Kalo ditanya udah makan belum? Jawabnya pasti udah… Dikasih makan di rumah temen-temennya. Kerjaannya main terus. Ke sungai cari ikan, cari ubi/singkong terus bikin api unggun buat mbakar. Saking asiknya sampai-sampai dia bilang kalo naik kelas 4 nanti mau pindah sekolah di Lamongan. Aku sih iyain aja. Biasanya seiring berjalannya waktu ntar juga lupa sendiri. Bahkan kadang kalo aku pancing….jadi nggak pindah sekolah? Dia jawab “Setelah aku pikir-pikir kayaknya gak jadi aja deh buk” Tuh……kan
Pagi harinya berakhirlah sudah acara liburan kali ini. Kita harus balik lagi ke Jogja. Hari minggu jam 9.15 pagi kita meninggalkan rumah Mbah Uti/Kakung. Perjalanan lancar-lancar, diselingi istirahat makan. Waktu istirahat makan Kakak Mamat beli makanan dan minuman. Dan makanan dan minuman inilah yang jadi biang keributan antara Kakak Mamat dan Kori. Sampe Kori marah dan menjerit-jerit lamaaaaa banget. Aku sampe bilang ke suami buat berhenti lagi. Akhirnya berhentilah kita di sebuah SPBU yang ada tamannya. Disitu Kori digendong bapaknya dan baru bisa diam. Akhirnya jam 4 sore kita nyampe Jogja. Capek tapi seneng. Kapan lagi bisa liburan ya….. Mudah-mudahan gak lama lagi. Pinginnya….

No comments: