Monday, January 29, 2007

Budaya

Setahun sudah kami sekeluarga menempati rumah baru kami. Tapi ternyata setahun masih terlalu singkat untuk memahami budaya warga setempat. Buktinya semalem ada cerita lucu berkaitan dengan budaya ini. Ceritanya gini sodara-sodara: Dalam Islam tanggal 10 Muharam merupakan tanggal yang penuh sejarah, karena banyak kejadian2 penting pada tanggal tersebut. Nah … dikampung baru kami, pada tanggal tersebut sorenya *Minggu sore*, semua bapak2 berkumpul dirumah Ketua RT dengan membawa makanan ala kadarnya. Kemudian bersama2 memanjatkan doa… dan akhirnya makanan2 tersebut saling ditukar sehingga masing-masing membawa pulang makanan yang berbeda. Nah.. Pak RT bilang ke suami kalo sore abis magrib kerumahnya, karena ada rapat *pak RT orangnya juga gokil*. Dengan PD suami dateng ke sana … sampe sana ya…. ternyata acaranya seperti yang aku ceritakan diatas. Sedikit malu nih ceritanya… dateng gak bawa apa2 eh… pulangnya bawa macem2 makanan. Udah gitu katanya diminta uang juga *semacam iuran ato apa gitu*. Suami nanya ke pak RT. “Berapa pak ??”. Kata pak RT “Cuma seribu kok pak… tapi kalo mo ngasih yang gambar pak Harto juga boleh..” *wakakak…*
Pokoknya kalo sebagai penduduk baru di kampung seperti ini nih… harus rajin2 nanya ke penduduk asli deh kalo ada apa2. Biar gaul dikit ma tetangga. Sebelumnya pernah juga sih ada tetangga yang punya hajat nyunatin anaknya. Pikirku kalo gak diundang ya gak dateng kan ….. Tapi ternyata emang gak pake undang-mengundang … kita sebagai tetangga kalo bisa ya dateng…. Ooooo gitu ya.
Ada lagi tetangga yang barusan anaknya lahir. Kalo yang ini aku langsung nengokin anaknya *sok PD*. Tapi ternyata budaya disini nengoknya kalo pas 40 harinya. Jadi pada saat 40 harinya mereka ngadain pesta besar2 an…. Ya.. lain ladang lain belalang… lain lubuk lain ikannya.
****
Cerita Kori dan Mamat.
Kori dah bisa jalan walaupun baru dua langkah. Tapi kalo urusan naik tangga dia udah jago tuh… Udah mahir naik tangga sampe atas. Kalo turun sih belom bisa… Makanya harus ekstra hati-hati deh sekarang… Udah bisa niruin beberapa yang aku omongin misal tempe, dia bilang eepeee, trus apa… trus lagi bapa… dll yang sejenis. Menu makan udah sama dengan kita2. Jadi gak perlu repot-repot bikin menu tersendiri. Cuma ya... masak nasi harus agak lembek dikit... dan sementara tidak mengkonsumsi penyedap masakan terlebih dulu.
Sedangkan Mamat.. kalo kita liat emang anaknya gede banget badannya. Umur 8 tahun berat badannya 41 kg, sedang tingginya 145 cm. Makanya suami bilang mbok ya diet, biar gak ndut.. Mamatnya jadi sedih karena katanya jadi gak boleh makan. Terus aku bilang kalo diet tu bukannya gak boleh makan.. tapi makannya diatur… dan harus seimbang. Baru dia tau.

No comments: