Tuesday, November 28, 2006

Mamat....... Minuman dan Bola

Barusan temen kantor dapet imel dari temennya *hi..hi..bingung ya....* yang titlenya “Kombet (Komite Masyarakat Anti Bahan Pengawet) Rilis Minuman Berbahaya”. Kemudian aku juga cek sendiri ke sumber lain dengan bantuan Om Google. Intinya Kombet ngadain penelitian terhadap minuman isotonic dalam kemasan , yang hasilnya dikategorikan dalam 4 kelompok, antara lain:
(1) Yang tidak mengandung pengawet natrium benzoate dan kalium sorbet.
(2) Yang mengandung pengawet natrium benzoate dan mencantumkannya di label
kemasan.
(3) Yang mengandung natrium benzoate dan kalium sorbet tetapi hanya mencantumkan salah satunya di label kemasan.
(4) Yang mengandung natrium benzoate dan kalium sorbet tetapi tidak mencantumkannya di label kemasan.
Masing-masing kelompok disertai dengan merek2 yang beredar di pasaran. Tentang bahaya bahan pengawet jika dikonsumsi berlebihan pasti sudah banyak dong yang tau… Kata berbagai sumber sih memicu penyakit kanker, Lupus (systemic lupus erythematosus /SLE) de el el..yang serem-serem deh pokoknya.
Padahal nih…anakku yang gede *Mamat* paling demen minuman isotonic. Apalagi kalo abis maen bola. Akunya sih udah sering nglarang..tapi namanya juga anak-anak….susah banget ngasih taunya. Tapi untungnya yang sering diminum Mamat yang masuk kategori pertama….walaupun pernah beli juga sih yang kategori kedua, ketiga dan keempat.
Tapiiii..begitu Mamat aku ingetin kembali, sambil nunjukin imel temen tersebut…ternyata manjur juga lhooo. Sekarang dia gak mau minum yang gituan.
Jadi inget dulu waktu ngomongin Mamat tentang tayangan permainan berbau kekerasan, kayak S*** D*** yang sering dia tonton di TV dan banyak juga CD PS nya yang gituan… dianya ngeyel aja tuh…
Tapiii… begitu aku tunjukin salah satu artikel di koran yang mengupas masalah tersebut *dan jelas-jelas melarangnya untuk anak-anak* … baru dia nurut. Akhirnya sekarang dia gak pernah nonton yang seperti itu… bahkan CD PS yang begituan juga dibuang sendiri dengan suka rela. Ah… ternyata anak-anak pun gak mempan jika cuma dibilangin aja. Harus ada bukti hitam diatas putih untuk mendukung itu semua.
Kalo bicara makanan yang mengandung bahan pengawet…emang kebanyakan yang beredar di pasaran ada tuh… terutama yang natrium benzoate itu. Ya… minimal kita bisa ngurangi konsumsi makanan begituan lah…

Sumber:
http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=210584&kat_id=318
http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2006/112006/19/geulis/lainnya.htm

Update terbaru (29/11/06, 8.30 AM)

Semalem di tipi nih masalah tayangan kekerasan rame dibicarakan lho .... Bahkan salah satu stasiun tipi yang nyiarin dipanggil KPI.... wah ... Beritanya lagi ... banyak anak sekolah yang mempraktekkan kegiatan tersebut dengan temen2 nya. Alhasil banyak lah diantara mereka-mereka yang benjol2, luka2 dan ... bahkan gegar otak. Seperti yang aku baca di koran lokal pagi ini nih.... sampe gegar otak. Berarti emang udah parah ya .... Mudah-mudahan dapat solusi yang baek ... *ditiadakan aja*

No comments: